Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Authors

  • Shuci Nabila Puteri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sulistyandari Sulistyandari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahayu Setianingsih Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memegang tanggung jawab dalam mengatur segala urusan pemerintah
khususnya kota ataupun Provinsi Pekanbaru yang berkaitan pada bidang pendidikan, sebagaimana bentuk
visi dan misi yang diterapkan untuk meningkatkan upaya pemerintah dibidang pendidikan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap
kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Responden dalam penelitian ini berjumlah 69
pegawai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengujian data menggunakan uji validitas,
uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi
(R2) berdasarkan jawaban responden. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa kompetensi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Semakin
tinggi kompetensi maka semakin baik kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.
Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan
Kota Pekanbaru. Semakin tinggi komitmen organisasi maka semakin baik kinerja pegawai pada Dinas
Pendidikan Kota Pekanbaru. Kepuasan kerja tidak signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan
Kota Pekanbaru. Hal tersebut membuktikan bahwa kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja
pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Puteri, S. N., Sulistyandari, S., & Setianingsih, R. (2022). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(2), 392–401. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/339

Most read articles by the same author(s)