Pengaruh Pertumbuhan Pendapatan, Perusahaan Afiliasi dan Leverage Terhadap Book Tax Differences (Studi Pada Perusahaan Penanaman Modal Asing Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017- 2019)

Authors

  • Nadya Pratiwi Rahman Universitas Muhammadiyag Riau
  • Dwi Fionasari Univeristas Muhammadiyah Riau
  • Norra Isnasia Rahayu Univeristas Muhammadiyah Riau

Abstract

Dalam pelaporan keuangan terdapat dua versi yaitu laba yang disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan (SAK) dan sedangkan penetapan kewajiban pajak disusun mengacu pada peraturan perpajakan. Perbedaan perhitungan laba timbul karena ketentuan dan konsep yang berbeda antara SAK dan undang–undang pajak.karena ada perbedaan ini mengakibatkan perbedaan laba akuntansi dan laba menurut pajak akan menimbulkan book tax differences (BTD). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan pendapatan, perusahaan afiliasi dan leverage terhadap book tax differences. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019 yang berjumlah 81 dan sampel pada penelitian ini adalah 28 perusahaan PMA yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perumbuhan pendapatan berpengaruh terhadap book tax differences demikian juda dengan perusahaan afiliasi dan leverage berpengaruh terhadap book tax differences.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Rahman, N. P., Fionasari, D., & Rahayu, N. I. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Pendapatan, Perusahaan Afiliasi dan Leverage Terhadap Book Tax Differences (Studi Pada Perusahaan Penanaman Modal Asing Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017- 2019). ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 64–73. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/238