Pengaruh Pembayaran COD (Cash On Delivery) Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada E-Commerce Shopee
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembayaran COD (Cash On Delivery) terhadap minat beli mahasiswa pada e-commerce Shopee. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembayaran COD berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa pada e-commerce Shopee. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t yang menunjukkan nilai t hitung (13,718) lebih besar dari t tabel (1,985) dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan pembayaran COD, maka semakin tinggi pula minat beli mahasiswa pada platform e-commerce Shopee. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi pengguna Shopee yang memanfaatkan metode pembayaran COD agar lebih bijak dalam menyikapi kemudahan pembayaran tersebut untuk menghindari perilaku konsumtif. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa di tempat atau lokasi yang berbeda serta menambahkan variabel lain yang mempengaruhi minat beli konsumen di e-commerce.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
