Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga, dan Garansi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas produk, promosi, harga dan garansi produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang memiliki lebih dari tiga produk dan menggunakan produk lebih dari satu tahun dengan jumlah responden sebanyak 105 responden. Penelitian ini bersifat explanatory yang menjelaskan hubungan antara variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data dilakukan berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan secara online. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel independen yaitu kualitas produk dan promosi dengan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Pada variabel independen harga terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel independen garansi produk Tupperware berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh pada keputusan pembelian, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian selain kualitas produk, promosi, harga, dan garansi produk yang menjadi variabel bebas pada penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Harga, Garansi Produk, Keputusan Pembelian, Perusahaan Tupperware