Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan dan saluran distribusi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli sparepart yang didistribusikan oleh PT. Lotus Pradipta Mulia Pekanbaru tahun 2020 sebanyak 485 konsumen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan variabel bebas yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan dan saluran distribusi, dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Saluran distirbusi, Keputusan Pembelian