Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Kecil Menengah Kuliner di Pekanbaru
Abstract
Kemampuan pelaku usaha untuk mampu bersaing harus ditingkatkan salah satunya dalam kemampuan dalam hal manajemen keuangan dan perilaku manajemen keuangan pelaku UKM itu sendiri. Keberhasilan untuk bertahan dalam masa kritis dan kineja yang semakin meningkat dari tahun ke tahun tidak menjadikan jaminan UKM di Indonesia dapat terlepas begitu saja dari masalah atau kendala yang dihadapi UKM di Indonesia, salah satunya dalam perilaku manajemen keuangan pada pelaku UKM perilaku manajemen keuangan dianggap salah satu konsep kunci dalam disiplin ilmu keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) kuliner di Pekanbaru. Jumlah sampel penelitian sebanyak 83 UKM. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan perilaku manajemen keuangan sebagai variabel depen dendan tiga variabel lindepen dan yaitu pengetahuan keuangan, sikapkeuangan, dan kepribadian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada variabel pengetahuan keuangan (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan (Y), artinya jika pengetahuan keuangan meningkat maka perilaku manajemen keuangan juga akan meningkat. Pada variabel sikap keuangan (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan (Y), artinya jika sikap keuangan meningkat maka perilaku manajemen keuangan juga akan meningkat. Pada variabel kepribadian (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan (Y), artinya jika kepribadian meningkat maka perilaku manajemen keuangan juga akan meningkat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.