Pengaruh Likuiditas Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Perusahaan Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)

Authors

  • Uci Fradina Eka Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sulistyandari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rian Rahmat Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran modal kerja dan likuiditas secara simultan terhadap profitabilitas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah perusahaan industry konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan objek penelitian adalah likuiditas, perputaran modal kerja, dan profitabilitas. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menujukan bahwa ada pengaruh negative secara parsial dari Likuiditas (X1) terhadap Profitabilitas (Y) pada perusahaan industry konsumsi yang terdaftar di Bursa Eek Indonesia periode tahun 2016-2020. Ada pengaruh negative secara parsial juga dari Perputaran Modal Kerja (X2) terhadap Profitabilitas (Y) pada perusahaan industry konsumsi yang terdaftar di Bursa Eek Indonesia periode tahun 2016-2020. Tetapi secara simultan Likuiditas (X1) dan Perputaran Modal Kerja (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (Y) pada perusahaan industry konsumsi yang terdaftar di Bursa Eek Indonesia periode tahun 2016-2020.

Kata kunci: Likuidtas, Perputaran Modal Kerja, dan Profitabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Putri, U. F. E., Sulistyandari, & Ramadhan, R. R. (2022). Pengaruh Likuiditas Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Perusahaan Industri Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020). ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(3), 491–498. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/107