Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akuntabilitas Keuangan Pada Organisasi Pengelolaan Zakat Kota Pekanbaru

Authors

  • Nurul Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dian Puji Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wira Ramashar Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Standar Akuntansi Zakat, Pengendalian Internal, Kepatuhan Syariah, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Akuntabilitas Keuangan pada Organisasi Pengelolaan Zakat Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah Organisasi Pengelolaan Zakat Kota Pekanbaru sebanyak 5 tempat. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Metode Sensus artinya semua populasi dijadikan sampel penelitian. Alasan penggunaan metode ini dikarenakan jumlah populasi sedikit atau kurang dari 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan kuisioner.Metode analisis data yang dilakukan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa standar akuntansi zakat, pengendalian internal, kepatuhan syariah, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap akuntabilitas keuangan.

Kata Kunci: Standar Akuntansi Zakat, Pengendalian Internal, Kepatuhan Syariah,                                Kompetensi Sumber Daya Manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Ramadhan, N., Puspita Sari, D. P., & Ramashar, W. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akuntabilitas Keuangan Pada Organisasi Pengelolaan Zakat Kota Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), 353–364. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/137