Analisis Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Akuntabilitas Program Kerja Pada UPTD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Windy Gustia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Ahyaruddin
  • Dian Puji Puuspita Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada kantor UPTD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis dan akuntabilitas program kerja pada kantor UPTD Kecamatan Mandau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam bentuk angka. Penelitian ini dilakukan di Kantor UPTD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis pada bulan Agustus 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor UPTD Kecamatan Mandau memiliki kinerja pelayanan publik berada pada kategori mutu pelayanan baik. Hasil dari pengukuran tersebut telah sesuai dengan 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat antara lain prosedur pelayanan; persyaratan pelayanan, kejelasan petugas; kedisiplinan petugas; tanggungjawab petugas; kemampuan petugas; kecepatan pelayanan; keadilan mendapatkan pelayanan; kesopanan dan keramahan petugas; kewajaran biaya; kepastian biaya; kepastian jadwal; kenyamanan pelayanan dan  keamanan pelayanan. Hasil penelitian terkait akuntabilitas program kerja pada kantor UPTD Kecamatan Mandau menunjukkan bahwa UPTD Kecamatan Mandau telah melaksanakan program kerjanya dengan baik. Hal ini terlihat dari pelaksanaan program kerja jemput bola yang telah dilakukan dan menerapkan asas transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan pelayanan demi memberikan kepuasan kepada masyarakat Kecamatan Mandau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Gustia, W., Ahyaruddin, M., & Puuspita Sari, D. P. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Akuntabilitas Program Kerja Pada UPTD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(3), 581–591. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/231