Transparansi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 (Studi Kasus Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam)

Authors

  • Tati wulandari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Muhammad Ahyaruddin UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • R Septian Armel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Transparansi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Nagari Lubuk Basung. Informan Penelitian ini adalah Aparatur Pemerintah Nagari dan Masyarakat Nagari Lubuk Basung. Informan penelitian terdiri dari 10 nasumber  yaitu terdiri dari 4 aparatur nagari 1 aparatur dinas sosial dan 5 masyarakat penerima Bantuan Lansung Tunai. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dimana  data primer berupa observasi dilapangan dan wawancara serta data sekunder berupa dokumen-dokumen atau arsipan yang ada dikantor Walinagari Lubuk Basung. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik penjamin keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Transparansi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Nagari Lubuk Basung sudah transparan dan efektif . Penyaluran BLT-DD ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karna mampu memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi.

Kata Kunci : Transparansi, Bantuan Langsung Tunai, Dana Desa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

wulandari, T., Ahyaruddin, M., & Armel, R. S. (2022). Transparansi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terdampak Covid-19 (Studi Kasus Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam). ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(3), 428–437. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/421