https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/issue/feedJURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBA2024-03-25T11:53:44+07:00Rian Rahmat Ramadhanrianrahmatramadhan@umri.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA</strong> merupakan media publikasi hasil penelitian dan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh mahasiswa terkait masalah Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, dimana proses review pada jurnal ini menggunakan <em>peer to peer review </em>yang melibatkan beberapa akademisi lintas perguruan tinggi nasional. Naskah yang telah diterima dan siap diterbitkan akan dipublikasikan secara online. </p> <p><strong>Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA</strong> berkomitmen menjadi jurnal nasional terbaik untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dan menjadi rujukan bagi para akademisi serta menjadi solusi permasalahan Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan AKuntansi atas permasalahan yang dihadapi organisasi baik pemerintah maupun swasta.</p> <p><strong>Mahasiswa, salam hangat dari kami, dan kami tunggu artikel penelitian. Semangat Meneliti dan Publikasi !!!</strong></p>https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1108PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. MUARA PULAU ARTHA MOTOR2024-02-29T14:49:53+07:00Danda Dharma190304115@student.umri.ac.idIkhbal Akhmadikhbalakhmad@umri.ac.idAlum Kusumahalumkusumah@umri.ac.id<p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan CV. Muara Pulau Artha Motor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala likert sebagai pengukuran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV. Muara Pulau Artha Motot. Sampel penelitian ini yaitu seluruh karyawan CV. Muara Pulau Artha Motor yang berjumlah 57 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan CV. Muara Pulau Artha Motor dengan teknik Sample Jenuh. Analisis penelitian ini meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji statistik yang diolah dengan alat bantu berupa SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1101Pengaruh Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Mall SKA Pekanbaru 2024-02-29T12:50:37+07:00Elma Misah Fitrielmamf58@gmail.comHichmaed Tachta Hinggo Shinggo@umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.id<p><em>Abstrak</em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi kualitas, sikap konsumen, dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Mall SKA Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah 150 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli produk kosmetik Wardah di Mall SKA Pekanbaru. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil kuesioner yang kemudian diolah oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kualitas, sikap konsumen, dan motivasi konsumen berpengaruh signifikan dengan koefisien arah positif terhadap keputusan pembelian.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1116Pengaruh Promosi, Periklanan, Personal Selling Terhadap Keputusan Siswa MemilihYayasan Qurratan A'Yun Pekanbaru2024-03-02T16:54:28+07:00Mauluddin Mauluddin180304311@student.umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.idWan Laura Hardilawatiwanlaurahardilawati@umri.ac.id<p><strong><em>Abstrak </em></strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Promosi, Periklanan, <em>Personal Selling</em> Terhadap Keputusan Siswa Memilih Yayasan Qurratan A’yun Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer yang diolah dengan pertimbangan responden yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa Yayasan Qurratan A’yun Pekanbaru. Metode penetapan sampel yang digunakan adalah <em>probability sampling </em>dan <em>non probability sampling</em><em>. </em>Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi, periklanan dan <em>personal selling</em> berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan memilih</p> <p><strong><em>Kata Kunci </em></strong><em>: </em><em>Promosi, Periklanan Dan Personal Selling dan Keputusan Memilih</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1111PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK. WITEL RIAU DARATAN2024-02-29T16:35:34+07:00Neni Budi Hasanah180304263@student.umri.ac.idBakaruddin Bakaruddinbakaruddin@umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.id<p><em>Abstrak</em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik, disiplin dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia tbk. Witel Riau Daratan. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 karyawan dengan menggunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data diolah menggunakan bantuan program aplikasi SPSS (Statistic Product And Service Solution). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1084ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. MULTI TURBO INDONESIA2024-02-26T13:01:47+07:00Aditya Kurniawanadityakurniawaa30@gmail.comBakaruddin Bakaruddinbakaruddin@umri.ac.idHichmaed Tachta Hinggo Shinggo@umri.ac.id<p><em>Abstrak </em><br /><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah analisis pengaruh gaya kepemimpinan dan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada karyawan.Populasi pada penelitian ini adalah karyawan PT. Multi Turbo Indonesia. Sampel penelitian ini sebanyak 35 responden. Metode sampling dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Metode pengolahan yang dilakukan adalah regresi linier berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan program aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi kerja karyawan, sedangkan employee engagement berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi kerja karyawan PT. Multi Turbo Indonesia.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1080Penerapan Aplikasi Agen Pegadaian dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di PT. Pegadaian Kota Pekanbaru2024-02-23T23:04:13+07:00Nurul Faiza210304113@student.umri.ac.idFiola Natasia210304110@student.umri.ac.idAlum Kusumahalumkusumah@umri.ac.idDwi Hastutidwihastuti@umri.ac.id<p><em>Abstrak</em></p> <p><em>Pada era revolusi 5.0, transformasi dalam layanan jasa keuangan semakin pesat, khususnya melalui hadirnya layanan digital dalam bentuk financial technology (fintech). PT. Pegadaian, sebagai lembaga keuangan, ikut berinovasi dengan memperkenalkan aplikasi agen pegadaian untuk memperluas jangkauan layanannya. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi agen pegadaian dalam melakukan transaksi, pengajuan pinjaman, pembayaran angsuran, dan layanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keoptimalan aplikasi agen pegadaian dalam meningkatkan inklusi keuangan di PT. Pegadaian.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1076PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET 2122024-02-23T14:48:01+07:00rony siregar170304066@student.ac.idHichmaed Tachta Hinggo Shinggo@umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.id<p>Abstrak</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga, dan faktor emosional terhadap keputusan pembelian pada Minimarket 212 di Soebrantas Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penarikan sampel penelitian yaitu metode Purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 153 konsumen 212 mart Soebrantas Pekanbaru dengan metode analisis linear berganda. Hasil penelitian ini adalah variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada 212 Mart Soebrantas Pekanbaru, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada 212 Mart Soebrantas Pekanbaru, dan variabel faktor emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap 212 Mart Soebrantas Pekanbaru.</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1082Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Planet Midi Swalayan2024-02-24T01:45:16+07:00Muhammad Fiki Ramadhan190304194@student.umri.ac.idWan Laura Hardilawatiwanlaurahardilawati@umri.ac.idRian Rahmat Ramadhanrianrahmatramadhan@umri.ac.id<p><em>Abstrak </em><br /><em>Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh </em><em>kelengkapan produk dan suasana toko terhadap keputusan </em><em>pembelian pada Planet Midi Swalayan. populasi dalam penelitian ini </em><em>adalah seluruh konsumen travel Planet Midi Swalayan yang </em><em>jumlahnya sebanyak 110 orang. Penelitian ini menggunakan teknik </em><em>Purposive sampling yakni pengambilan sampel berdasarkan kriteria </em><em>dan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 110 responden. </em><em>Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer </em><em>yakni dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner. Metode </em><em>analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan </em><em>analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa </em><em>variabel kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan </em><em>terhadap keputusan pembelian dan variabel suasana toko </em><em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1081Pengaruh Iklan, Product Quality dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung di Pekanbaru2024-02-23T23:26:36+07:00Roby Atthariqrobyatthariq@gmail.comHichmaed Tachta Hinggo Shinggo@umri.ac.idIkhbal Akhmadikhbalakhmad@umri.ac.id<p><em>Abstrak</em></p> <p><em>Keputusan pembelian adalah kerangka kinerja atau sesuatu yang mewakili apa yang diyakini konsumen dalam mengambil keputusan membeli.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone di Pekanbaru.Sementara responden penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone di Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 112 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner atau angket. Dari hasil penelitian, secara parsial didapatkan bahwa iklan, product quality dan e-wom berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1100PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN PADA PT ANGKASA MART GROUP PEKANBARU2024-02-29T11:29:17+07:00Satria PratamaSatria.pratama.sp91@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah budaya organisasi dan kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan Angkasa Mart Group, dengan jumlah responden sebanyak 47 responden. Penelitian ini bersifat explanatory yang menjelaskan hubungan antara variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data dilakukan berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan dalam bentuk tema dan kategori yang mengidentifikasi pola-pola dan tren yang muncul. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji secara parsial budaya organisasi dan kepemimpinan diduga berpengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1083STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI DALAM MENARIK MINAT NASABAH DI PT.PEGADAIAN CABANG PASAR KODIM2024-02-24T15:11:55+07:00Dilla Arni210304106@student.umri.ac.idRia Sundari210304106@student.umri.ac.idRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.idAbunawas Abunawasabunawas@umri.ac.id<p><em>Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang menyeluruh, menyeluruh dan terpadu di bidang pemasaran yang memberikan pedoman tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Konsumen ingin menggunakan produk konvensional dan produk syariah. Pegadaian Cabang Pasar Kodim (UPC) menunjukkan pertumbuhan yang terus menerus, namun nampaknya belum mampu mencapai target dan jumlah pelanggan setiap tahunnya karena jumlah pelanggan yang terus meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah perusahaan pesaing atau lembaga keuangan lain yang menawarkan produk komersial. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pegadaian yang dilakukan oleh Pegadaian Konvensional Pekanbaru (UPC) untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pegadaian konvensional dan pegadaian syariah menerapkan strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen..</em></p> <p><em>Pegadaian juga menghadirkan berbagai produk unggulan yang ditawarkan kepada nasabah seperti Gadai Emas (KCA), Kredit Sepeda Motor, Gadai BPKBK (AMANAH), Kredit Usaha (KREASI), Tabungan Emas, Gadai Emas (MULIA) dan Arrum Haji. Selain itu, KUR Syariah yang merupakan produk yang ditawarkan oleh pegadaian dan diharapkan oleh konsumen merupakan pinjaman non-komersial khususnya untuk usaha kecil dan menengah. Untuk meningkatkan efisiensi masyarakat dengan menawarkan produk usaha yang beragam, memudahkan masyarakat dalam mengelola tabungan dan kredit, meningkatkan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tanpa suku bunga yang tinggi, para pengusaha dapat melakukannya dengan tenang, aman, efisien dan cepat.</em></p> <p><em> </em></p> <p> </p> <p> </p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1093PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI SEPATU SNEAKERS COMPASS DI PEKANBARU (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU)2024-02-28T19:36:26+07:00Muhammad Habib98muhammadhabib@gmail.comRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.idWan Laura Hardilawatiwanlaurahardilawati@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh E-Wom, Brand Image Dan Harga Terhadap Minat Beli Sepatu Sneakers Compass Di Pekanbaru (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer yang diolah dengan pertimbangan responden yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Riau. Metode penetapan sampel yang digunakan adalah rumus slovin dan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Data diolah dengan bantuan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Image dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sedangan variabel E-WOM berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli. </em></p> <p><em> </em></p> <p><em>Kata Kunci: E-WOM, Brand Image, Harga dan Minat Beli</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1090PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RS LANCANG KUNING PEKANBARU2024-02-26T16:12:02+07:00M.Agung Syofyan190304274@student.umri.ac.idWan Laura Hardilawatiwanlaurahardilawati@umri.ac.idKhusnul Fikrikhusnulfikri@umri.ac.id<p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kinerja merupakan hasil atau pencapaian kerja seseorang baik individu atau kelompok dalam tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi pada kurun waktu tertentu. </span><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di RS Lancang Kuning. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. </span><span style="vertical-align: inherit;">Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan RS Lancang Kuning. </span><span style="vertical-align: inherit;">Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Sampel jenuh sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 orang. </span><span style="vertical-align: inherit;">Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan RS Lancang Kuning</span></span></em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1088PENGARUH SISTEM KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA TENAGA OUTSOURCING PADA BANK BRI KANWIL KOTA PEKANBARU2024-02-26T13:49:26+07:00Rini Marlinarinimarlina282803@gmail.comIntan Diane Binangkitintandianebinangkit@umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.id<p><em>Performance is a result that the employee achieves in job by specific criteria that apply to a particular job. This research was conducted to determaine the influence and analyze the factors that influence the performance of outsourced workers. This kind of research is quantitative research. The population in this study were outsourced eemployees at the bank BRI Pekanbaru city regional office. The survey responders are outcourcing employees of the new week's BRI bank. The sample sampling technique uses an impressive sampling with the number of 56 respondents. The technique used in this study is a questionnaire or angket technique. From research, it was partially obtained that work systems and compensation were influential and significant. This mean that the higher the work system implemented in the company the higher the employee performanve will be. And the higher the compensation an employee receives the higher the employee’s performance.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1087PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TOKO JAYA PLASTIK DAN TERPAL PEKANBARU2024-02-26T15:32:21+07:00Ribby Yuna180304142@student.umri.ac.id<p><em>Perkembangan yang terjadi secara terus menerus mau tidak mau harus diterima oleh seluruh kalangan termasuk para pengusaha. Perkembangan ini memberi dampak positif di dunia usaha, Namun juga ada dampak negatif yang bisa muncul. Persaingan yang makin kompetitif, mengharuskan perusahaan untuk mampu menerapkan strategi yang dapat mempertahankan serta meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan inovasi produk terhadap volume penjualan Toko Jaya Plastik dan Terpal Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis data primer dan metode penarikan sampel penelitian yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 konsumen dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan Toko Jaya Plastik dan Terpal Pekanbaru. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan Toko Jaya Plastik dan Terpal Pekanbaru.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1125PERANAN MESIN ELEKTRONIC DATA CAPTURE (EDC) SEBAGAI SALAH SATU TRANSAKSI PEMBYARAN ELEKTRONIK PADA UMKM DI KOTA PEKANBARU 2024-03-21T13:02:10+07:00Marlisa Nanda Arifa200304189@student.umri.ac.idYandi Arviero L. Tobing200304191@student.umri.ac.idWan Yuliakartika200304218@student.umri.ac.idIkhbal Akhmadikhbalakhmad@umri.ac.id<p><em>Pada era digital saat ini, Mesin Elektronik Data Capture (EDC) memainkan peran kunci dalam memfasilitasi transaksi pembayaran elektronik di berbagai sektor, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran EDC dalam konteks transaksi pembayaran elektronik pada UMKM di Pekanbaru. Metode penelitian secara langsung atau observasi digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman dan persepsi pemilik UMKM terkait penggunaan EDC.<br>Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan mesin EDC memberikan berbagai manfaat bagi UMKM di Pekanbaru, termasuk kemudahan dalam menerima pembayaran non-tunai, peningkatan efisiensi operasional, dan peningkatan kepercayaan pelanggan. Namun, tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menggunakan EDC juga teridentifikasi, seperti biaya pengoperasian dan ketersediaan infrastruktur yang terbatas. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana EDC berperan dalam mendukung perkembangan UMKM melalui pembayaran elektronik di Pekanbaru.</em></p> <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em>Merchant, Mesin EDC</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/641PENGARUH FASILITAS KERJA, KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURYA PERKASA BETON 2023-01-07T15:13:51+07:00Rindia Rindiarindiaa30@gmail.comHammam Zakihammamzaki@umri.ac.idBakaruddin Bakaruddinbakaruddin@umri.ac.id<p><em>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas kerja, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan pada PT. Surya Perkasa </em><br /><em>Beton. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan PT. Surya Perkasa Beton yang berjumlah 60 orang responden. </em><br /><em>Mengingat jumlah populasi relatif kecil, yaitu dibawah 100, maka seluruh anggota populasinya diambil semua sebagai sampel. Data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner dianalisis dengan </em><br /><em>analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian fasilitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap </em><br />kinerja karyawan pada PT. Surya Perkasa Beton, keselamatan dan <br />kesehatan kerja (K3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap <br />kinerja karyawan pada PT. Surya Perkasa Beton, lingkungan kerja <br />non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan <br />pada PT. Surya Perkasa Beton.</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1126PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AMBASSADOR DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA PEKANBARU2024-03-22T03:38:00+07:00nawal muttawaqit200304205@student.umri.ac.idRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.idIkhbal Akhmadikhbalakhmad@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis brand image, brand ambassador, dan price terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 150 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli produk kosmetik Wardah di kota Pekanbaru. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil kuesioner yang kemudian diolah oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image, brand ambassador, dan price berpengaruh signifikan dengan koefisien arah positif terhadap keputusan pembelian</em><em>.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>brand image</em>, <em>brand ambassador</em>, dan <em>price </em>dan keputusan pembelian</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1121PENGARUH KOMPENSASI, IKLIM KERJA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU TETAP PADA SMAN 13 PEKANBARU2024-03-08T21:51:20+07:00Chintanya Nanchi Siagian180304217@student.umri.ac.idSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.idBakaruddin Bakaruddinbakaruddin@umri.ac.id<p><strong><em>Absrtak</em></strong></p> <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk </em><em>mengetahui</em><em> pengaruh kompensasi, iklim kerja dan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru tetap pada SMAN 13 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh </em><em> guru tetap yang berjumlah 33 orang</em><em> yang berjumlah </em><em>33</em><em> orang </em><em>guru</em><em>, dengan menggunakan </em><em>metode sensus</em><em>. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa </em><em>kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, iklim kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. </em><em>kompensasi, iklim kerja dan tingkat pendidikan </em><em>secara simultan berpengaruh </em><em>terhadap kinerja guru</em><em>.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>kompensasi, iklim kerja</em><em>, </em><em>tingkat pendidikan</em><em>, </em><em>kinerja guru</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1127PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU, PROSES PRODUKSI, DAN KUALITAS TENAGA KERJA TERHADAP KUALITAS PRODUK UMKM BAKSO TUSUK DI PEKANBARU2024-03-23T11:07:34+07:00Firnando Firnandonewfirnando1999@gmail.comAlum Kusumahalumkusumah@umri.ac.idHammam Zakihammamzaki@umri.ac.id<p><em>Produk berkualitas merupakan tujuan dari setiap perusahaan. Kualitas produk dapat dipertahankan dengan mengontrol kualitas bahan baku, mengontrol proses produksi dan menyeleksi tenaga kerja yang kompeten. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kualitas bahan baku, proses produksi dan kualitas tenaga kerja terhadap kualitas produk. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah ada dapat diketahui bahwa, untuk menghasilakan produk berkualitas belum tentu hanya dengan menjaga proses produksi ataupun mengontrol penggunaan bahan baku yang digunakan dan memanfaatkan tenaga kerja saja. Namun ada pendapat juga yang menyatakan bahwa ketiga hal tersebut tidak atau kurang berpengaruh. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 responden. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuisioner. </em><em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas bahan baku mempengaruhi kualitas produk, 2) Proses produksi mempengaruhi kualitas produk, 3) Kualitas tenaga kerja tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas produk.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1124Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Beban Kerja terhadap Loyalitas Karyawan PT Indomarco Prismatama Cabang Pekanbaru2024-03-20T14:18:29+07:00bella gusnella190304177@studentumri.ac.idHammam Zakihammamzaki@umri.ac.idRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.id<p><em>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan beban kerja terhadap loyalitas karyawan PT Indomarco Prisatama Cabang Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kayawan Pada PTIndomarco Prismatama Cabang Pekanbaru yang berjumlah 150 orang. Dengan menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 60 responden.. Data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner dianalisis dengan analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan PT Indomarco Prismatama Cabang Pekanbaru, beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan PT Indomarco Prismatama Cabang Pekanbaru. </em></p> <p> </p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1123ANALISIS TERHADAP PERBANDINGAN SISTEM KCA REGULER DAN KCA FLEKSI DALAM PRODUK GADAI PT PEGADAIAN2024-03-12T13:23:51+07:00Sulis Tia Ningsih210304155@student.umri.ac.idNasila Ghaniya Hestinasilahesti28@gmail.comCindi Rahmadani210304171@student.umri.ac.idWan laura Hardilawatiwanlaura@umri.ac.idRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.idRian Rahmat Ramadhanrianramadhan@gmail.com<p><em>Sistem KCA (Kredit Cepat Aman) adalah sistem gadai yang diberikan oleh PT Pegadaian kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. PT Pegadaian memiliki dua jenis sistem KCA, yaitu KCA reguler dan KCA fleksibel. KCA reguler adalah pemberian kredit dengan jangka waktu kredit tetap dan tarif sewa modal yang tetap. Sedangkan KCA fleksibel adalah pemberian kredit dengan jangka waktu kredit yang fleksibel dan dikenakan biaya administrasi 1 persen dari uang pinjaman. Tujuan analisis ini adalah untuk mengevaluasi perbedaan antara sistem KCA reguler dan fleksibel yang digunakan oleh PT Pegadaian dalam pengelolaan produk gadai. Penelitian ini menggunakan data yang telah dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menyimpulkan bahwa KCA Fleksi lebih menguntungkan karena memiliki jangka waktu kredit yang fleksibel dan biaya administrasi yang lebih rendah.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1129PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM BIDANG KULINER KOTA PEKANBARU DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI2024-03-23T12:32:33+07:00viola yolandaviolayolanda1201@gmail.comWan Laura Hardilawatiwanlaurahardilawati@umri.ac.idDwi Hastutidwihastuti@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Digital Marketing Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Bidang Kuliner Kota Pekanbaru Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penarikan sampel penelitian yaitu motode random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 94 pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru dengan metode analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran pada pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru, variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru, dan variabel keunggulan bersaing berpengaruh tidak signfikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan pengujian regresi mediasi menyimpulkan bahwa digital marketing terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing memediasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing memediasi pada pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1118Pengaruh Motivasi,Disiplin dan Pelatihan terhadap kinerja Pegawai pada bagian pertahanan dan tata ruang Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau Pekanbaru2024-03-04T23:13:03+07:00Tiya Eka Safitri190304341@student.umri.ac.idAlum Kusumahalumkusumah@umri.ac.idRahayu Setianingsihrahayusetianingsih@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin, dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Bagian Pertanahan Dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan kinerja pegawai sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen yaitu </em><br /><em>motivasi, disiplin, dan pelatihan. Sampel penelitian sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. </em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1120Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kubang2024-03-08T21:11:20+07:00Muji Burrohman190301217@student.umri.ac.idAnnie Mustika Putrianniemustikaputri@umri.ac.idLinda Hetri Suriyantilindahetrisuriyanti@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran wajib pajak yang ada pada kantor Samsat Kubang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah wajib pajak yang berada pada Samsat Kubang. Populasi dan Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan yaitu teknik purpose sampling. Pengumpulan data penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan penelitian ini ialah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak, sanksi perpajakan, akuntabilitas pelayanan publik berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak. Sedangkan, kepatuhan wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak.</em></p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBAhttps://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/1130ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RICHEESE FACTORY PEKANBARU2024-03-25T11:53:44+07:00Siti Fadillasitifadilla019@gmail.comSulistyandari Sulistyandarisulistyandari@umri.ac.idKhusnul Fikrikhusnulfikri@umri.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan richeese factory Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah 150 responden yang merupakan konsumen yang lebih dari satu kali melakukan pembelian di Richeese Factory Pekanbaru. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil kuesioner yang kemudian diolah oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh signifikan dengan koefisien arah positif terhadap kepuasan pelanggan.</em></p> <p> </p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em>Kualitas pelayanan, harga, lokasi dan kepuasan pelanggan</p>2024-03-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBA