PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET (STUDI KASUS MAHASISWA UMRI)

Authors

  • Tri Medina Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hichmaed Tachta Hinggo Prodi Manajemen Umri
  • Wan Laura Hardilawati Prodi Manajemen Umri

Keywords:

Harga, Promosi, Kualitas Jaringan, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan teknologi telepon seluler sekarang ini juga telah membuat pertumbuhan bagi perusahaan-perusahaan jaringan seluler di Indonesia. Semakin banyaknya perusahaan yang ada mengakibatkan tingkat persaingan pada bidang ini semakin ketat. Hal ini terlihat dari beberapa tahun terakhir pembelian kartu internet semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh harga, promosi dan kualitas jaringan terhadap keputusan pembelian kartu perdana internet pada mahasiswa UMRI. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu harga, promosi dan kualitas jaringan sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dengan rumus slovin jumlah sampel yang digunakan berjumlah 385 responden.  Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala likert yang disebar kepada seluruh penggunakan kartu perdana internet di UMRI, data diolah menggunakan SPSS. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik secara parsial dan simultan variabel harga, promosi dan kualitas jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran dalam penelitian ini yaitu perusahaan harus lebih memperhatikan faktor dari segi harga yang sesuai dengan manfaat, promosi yang sesuai dengan kenyatan dan kualitas jaringan yang memiliki jangkauan terkuat agar dapat meningkatkan keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-19

Issue

Section

Articles