Kualitas Layanan, Promosi Produk, dan Loyalitas Nasabah pada PT. Pegadaian Kota Pekanbaru

Authors

  • Muhammad Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Riau
  • Riski Kurniawan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fahmi Ferdiansyah Fahmi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wan Laura Hardilawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hichmaed Tachta Hinggo S Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwi Dewisrih Kinasih Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khusnul Fikri Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Kualitas Layanan, Promosi Produk, Loyalitas Nasabah

Abstract

Loyaltas nasabah telah menjadi isu sangat penting, dan banyak perusahaan menginvestasikan sumber daya yang dimiliki dalam upaya untuk mempertahankan loyalitas nasabah dan terus berupaya untuk mencari informasi bagaimana cara meningkatkan  loyalitas nasabah. Upaya membangun hubungan bisnis yang berkelanjutan antara perusahaan dengan nasabah, maka kualitas layanan dan promosi produk dapat digunakan sebagai strategi yang tepat untuk menciptakan kepuasan nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah. Kualitas layanan dalam industri jasa merupakan variabel penting. Penyampaian kualitas layanan prima akan menciptakan nilai tinggi, yang dapat menciptakan loyalitas nasabah. Melalui kualitas pelayanan yang diberikan perusahaaan maupun karyawan berdampak pada loyalitas nasabah yang ingin menggadaikan barangnya. Selain kualitas layanan promosi produk juga memiliki dampak untuk meningkatkan loyalitas nasabah, seperti yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Kota Pekanbaru  pada akhir tahun 2022 yaitu promo gadai dengan  tanpa bunga untuk gadai 15 hari. Selain itu juga ada promo gadai dengan tarif khusus untuk golongan D (gadai  20 juta ke- atas) yaitu potongan bunga dari 2,2% menjadi 1,2%. Dengan adanya promosi yang diberikan  tentunya akan meningkatkan loyalitas nasabah untuk menggadaikan barangnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-25

Issue

Section

Articles