PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMUNIKASI FORMAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
Keywords:
Kepemimpinan, Kinerja, Komunikasi, Motivasi KerjaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan komunikasi formal memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja pegawai. Populasi penelitian ini adalah pegawai di kantor sekretariat DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang terbagi atas 27 PNS dan 48 tenaga harian lepas (THL) dengan jumlah 75 pegawai. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu, jumlah sampel 40 responden. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner skala likert. Penelitian ini bersifat explanatory yang menjelaskan hubungan antara variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data dilakukan berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan kepada responden, kemudian data diolah menggunakan software SPSS 22.00 for windows. Dari hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai dan komunikasi formal tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai.