Pengaruh Persepsi Harga dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Tanjung Pauh

Authors

  • Siska Wijayanti UMRI
  • Ikhbal Akhmad Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Persepsi Harga, Store Atmosphere, Kepuasan Konsumen, Indomaret Tanjung Pauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan store atmosfer terhadap kepuasan konsumen Indomaret Tanjung Pauh . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non - probabilitas sampling . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dapat langsung dari survei melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25 untuk menguji pengaruh masing- masing variabel terhadap kepuasan konsumen Indomaret Tanjung Pauh dan penelitian ini juga menggunakan uji lain, seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji parsial (uji T), dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga dan suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Indomaret Tanjung Pauh . Hasil ini menunjukkan bahwa konsumen yang menilai harga adil dan diimbangi dengan kualitas baik dari segi nilai maupun manfaat , menunjukkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi . Sementara suasana toko yang nyaman, dengan pencahayaan, aroma, musik, dan kebersihannya, memperkuat kenyamanan emosional dan pengalaman berbelanja yang berdampak langsung pada kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles