PENGARUH BRAND EXPERIENCE, CUSTOMER ENGAGEMENT, DAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND LOYALTY PADA UMKM KULINER DI PEKANBARU
Keywords:
Brand Experience, Customer Engagement, Brand Love, Brand Loyalty, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Experience, Customer Engagement, dan Brand Love terhadap Brand Loyalty pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor kuliner di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang di dapat langsung dari survei melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25 untuk menguji pengaruh masing- masing variabel terhadap brand loyalty pada UMKM sektor kuliner dan penelitian ini juga menggunakan uji lain, seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji parsial (uji T), dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Experience dan Customer Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty pada UMKM kuliner di Pekanbaru. Sebaliknya, Brand Love justru berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Brand Loyalty pada UMKM kuliner di Pekanbaru. Hasil ini menunjukkan bahwa pengalaman merek dan keterlibatan konsumen yang kuat dapat meningkatkan loyalitas, namun rasa cinta terhadap merek tanpa disertai pengalaman yang konsisten justru dapat menurunkan loyalitas. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pelaku UMKM untuk lebih fokus pada penciptaan pengalaman merek yang konsisten serta membangun keterlibatan konsumen yang berkualitas.






