PENGARUH GAYA HIDUP, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Nurul aulia Nurul Universitas muhammadiyah riau
  • Wan Laura Hardilawati Wan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Hanifa Sandri Siti Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Gaya Hidup, kemudahan penggunaan, Impulse buying, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengnalisis pengaruh gaya hidup, kemudahan penggunaan, dan impulsive buying terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan layanan kredit beli sekarang bayar nanti (BNPL) di platform e-commerce, khususnya pada Shopee, di Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah survey kuantitatif dengan teknik penyebaran kuesioner online pada responden yang telah menggunakan Shopee Paylater. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 dengan beberapa teknik analisis, yaitu analisis karakteristik responden, analisis statisik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterosdastisitas, analisis regresi linier berganda, dan uji t serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater, sedangkan kemudahan penggunaan dan impulsive buying berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater di kota pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles