PENGARUH INFLUENCER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK SKINCARE SOMETHINC PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Apinta Wulandari Wulandari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hichmaed Tachta Hinggo Suandevin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwi Hastuti Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Influencer, E-WOM, Impulsive Buying, TikTok, Skincare

Abstract

Keberadaan aplikasi TikTok sebagai platform media sosial telah memudahkan konsumen dalam menemukan informasi dan promosi produk skincare somethinc, yang berpotensi menyebabkan perilaku belanja impulsif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh influencer dan electronic word of mouth terhadap impulsive buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online kepada 110 responden pengguna TikTok dan yang pernah melakukan pembelian produk Somethinc diaplikasi Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, sementara E-WOM berpengaruh negatif dan signifikan. Pengaruh gabungan kedua variabel ini memberikan kontribusi sebesar 68,5% terhadap impulsive buying. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pengguna TikTok yang terpengaruh oleh influencer berpotensi lebih tinggi untuk melakukan pembelian impulsif, meskipun E-WOM yang negatif dapat mengurangi kecenderungan tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles