Penerapan Strategi Positioning Dalam Meningkatkan Citra Merek Dan Kuantitas Penjualan Produk Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali

Authors

  • Dian Maylani Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember
  • Toton Fanshurna Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember

Keywords:

Strategi Positioning, Citra Merek, Penjualan, Cicil Emas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengeksplorasi strategi positioning untuk produk cicil emas di Bank Syariah KCP Jembrana Bali. 2) Mendeskripsikan penerapan strategi positioning dalam meningkatkan citra merek produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali. 3) Mendeskripsikan penerapan strategi positioning dalam meningkatkan kuantitas penjualan produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada BSI KCP Jembrana Bali yang bertempat di kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Penentuan informan menggunakan teknin purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Cicil Emas di BSI KCP Jembrana Bali menawarkan investasi emas syariah dengan tenor fleksibel, harga kompetitif, dan transparansi biaya. Cocok untuk pegawai tetap dan ibu rumah tangga, produk ini didukung PT Antam, menjadikannya lebih menarik dibanding pesaing. 2) BSI KCP Jembrana Bali menonjolkan prinsip syariah, keamanan, dan kemudahan akses untuk memperkuat citra merek Cicil Emas, didukung inovasi seperti layanan BYOND dan reputasi sebagai lembaga syariah terpercaya.. 3) BSI KCP Jembrana Bali meningkatkan penjualan Cicil Emas melalui seminar, media sosial, dan kerja sama dengan agen terpercaya. Strategi ini berhasil melampaui target penjualan bulanan Rp 1 Miliar di 2023, menunjukkan konsistensi dalam pertumbuhan omzet meskipun ada fluktuasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles