PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM BIDANG KULINER KOTA PEKANBARU DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • viola yolanda universitas muhammadiyah riau
  • Wan Laura Hardilawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwi Hastuti Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Digital Marketing, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Digital Marketing Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran  UMKM Bidang Kuliner Kota Pekanbaru Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penarikan sampel penelitian yaitu motode random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 94 pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru dengan metode analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran pada pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru, variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada pelaku usaha UMKM bidang  kuliner kota pekanbaru, dan variabel keunggulan bersaing berpengaruh tidak signfikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan pengujian regresi mediasi menyimpulkan bahwa digital marketing terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing memediasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing memediasi pada pelaku usaha UMKM bidang kuliner kota pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-25

Issue

Section

Articles