PERANAN MESIN ELEKTRONIC DATA CAPTURE (EDC) SEBAGAI SALAH SATU TRANSAKSI PEMBYARAN ELEKTRONIK PADA UMKM DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Marlisa Nanda Arifa Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yandi Arviero L. Tobing Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wan Yuliakartika Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ikhbal Akhmad Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Merchant, Mesin EDC

Abstract

Pada era digital saat ini, Mesin Elektronik Data Capture (EDC) memainkan peran kunci dalam memfasilitasi transaksi pembayaran elektronik di berbagai sektor, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran EDC dalam konteks transaksi pembayaran elektronik pada UMKM di Pekanbaru. Metode penelitian secara langsung atau observasi digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman dan persepsi pemilik UMKM terkait penggunaan EDC.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan mesin EDC memberikan berbagai manfaat bagi UMKM di Pekanbaru, termasuk kemudahan dalam menerima pembayaran non-tunai, peningkatan efisiensi operasional, dan peningkatan kepercayaan pelanggan. Namun, tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menggunakan EDC juga teridentifikasi, seperti biaya pengoperasian dan ketersediaan infrastruktur yang terbatas. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana EDC berperan dalam mendukung perkembangan UMKM melalui pembayaran elektronik di Pekanbaru.

 

Kata Kunci: Merchant, Mesin EDC

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-25

Issue

Section

Articles