ANALISIS PERILAKU NASABAH TERHADAP SISTEM BARU PENCAIRAN DI PT. PENGADAIAN MENGGUNAKAN LAYANAN BRI
Keywords:
Pencairan dana, layanan, BRIAbstract
Perkembangan perekonomian yang semakin pesat biasanya diiringi dengan berbagai persoalan – persoalan ekonomi yang semakin kompleks. Pegadaian dan Bank BRI melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan bagi nasabah. Terobosan terbaru, nasabah bisa membuka rekening Bank BRI di outlet-outlet yang dimiliki PT Pegadaian. Tentunya hal ini menjadi kemudahan bagi para nasabah, karena layanan BRI yang memiliki jangkauan yang luas hampir diseluruh daerah dan juga kalangan Masyarakat. Dari data penelitian yang peneliti peroleh, variabel prosedur pencairan pinjaman memiliki pengaruh paling dominan atau paling kuat. Nasabah pada umumnya menggunakan layanan pencairan melalui bank BRI pada karena prosedur pencairan pinjaman yang sederhana. Selanjutnya diikuti variabel lokasi karena nasabah yang menggunakan bank BRI pada pegadaiaN mempertimbangkan lokasi yang staregis. Selanjutnya variabel promosi karena promosi yang dilakukan oleh pegadaian syariah mampu meyakinkan nasabah untuk menggunakan produk pencairan melalui bank BRI pada pegadaian. Dengan demikian, implikasi dari hasil-hasil penelitian menganjurkan supaya Pegadaian dapat mempertimbangkan ketiga variabel tersebut sebagai tolak ukur dalam mengembangkan kebijakan yang tepat dan sesuai demi meningkatnya minat nasabah menggunakan layanan bank BRI.