Analisis Peran Agen Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Dan Memperluas Pangsa Pasar Pada PT Pegadaian (Persero) UPC Tongas Kabupaten Probolinggo

Authors

  • selfiya hotik Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Dian Maylani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Septi Diah Ayu Ningtiyas Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fatimatuzahro Fatimatuzahro Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Peran Agen, Jumlah Nasabah, Pangsa Pasar, Pegadaian

Abstract

PT. Pegadaian (Persero) merupakan lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai kewenangan hukum untuk melakukan pembiayaan pinjaman dengan dasar gadai. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran agen dalam meningkatkan jumlah pelanggan dan memperluas pangsa pasar pada PT. Pegadian (Persero) UPC Tongas Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus pada pegadaian.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, data sekunder, dan dokumentasi.Temuan menunjukkan bahwa pegadaian merupakan mitra bisnis perusahaan, hal ini menjadi salah satu strategi pemasaran Pegadian. Agen Pegadian berperan penting dalam meningkatkan basis pelanggan dengan memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan volume penjualan melalui saluran distribusi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kinerja agen pegadaian meningkat ketika pendapatannya sendiri meningkat. Oleh karena itu, Pegadian harus memberikan pelatihan berkelanjutan agar agen tetap termotivasi dan menjaga kualitas saluran penjualannya. Oleh karena itu, peran agen dalam industri keuangan mempunyai dampak yang signifikan terhadap apakah perusahaan dapat mencapai keuntungan yang lebih tinggi melalui saluran distribusi yang efektif.

Kata Kunci: Peran Agen , Jumlah Nasabah, Pangsa Pasar, Pegadaian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-30