https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/issue/feed ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal 2023-09-22T21:57:16+07:00 Siti Rodiah sitirodiah@umri.ac.id Open Journal Systems <h1><strong>ECONOMICS, ACCOUNTING AND BUSINESS JOURNAL</strong></h1> <p><em>Economics, Accounting and Business (ECOUNTBIS) </em>merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis <a href="https://www.umri.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Muhammadiyah Riau</strong></a>. ECOUNBIS diterbitkan sebanyak 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) tahun (Januari, Mei, September). Jurnal ini menitikberatkan pada penyampaian hasil penelitian ilmiah yang dilakukan baik oleh dosen, praktisioner, maupun mahasiswa yang mencakup:</p> <p><strong>Akuntansi<br /></strong>- Akuntansi keuangan<br />- Akuntansi sektor publik<br />- Akuntansi perpajakan<br />- Akuntansi pemeriksaan</p> <p><strong>Manajemen<br /></strong>- Manajemen sumberdaya manusia<br />- Manajemen pemasaran<br />- Manajemen keuangan<br />- Manajemen operasional</p> <p><strong>Ekonomi Pembangunan<br /></strong>- Ekonomi perancangan dan pembangunan<br />- Ekonomi moneter dan perdagangan national<br />- Ekonomi public<br />- Ekonomi bisnis dan industry</p> <p><strong>Keuangan Perbankan<br /></strong>- Keuangan dan perbankan Konvesional<br />- Keuangan dan perbankan Syariah<br />- System informasi akuntansi</p> <p> </p> https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/984 Pengaruh Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik di Fakultas Ekonomi Bisnis 2023-09-18T15:48:49+07:00 Jeki Algusri Jekialgusri@umri.ac.id Putri Juita Jekialgusri@umri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik di fakultan Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22. Populasinya adalah mahasiswa aktif Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. Teknik sampling penelitian ini menggunakan Teknik <em>Simple Random Sampling</em> dengan menyebar kuisioner sebanyak 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana sebagai metode analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik di Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Muhammadiyah Riau memiliki pengaruh positif dan signifikan serta secara simultan terhadap pelayanan akademik di fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau</p> 2023-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/986 Pengaruh Kualitas Layanan Transfer BRImo Terhadap Kepuasan Nasabah Di BRI Kanca Pekanbaru Tuanku Tambusai 2023-09-19T15:19:10+07:00 Rugun Simanjuntak rugungs@gmail.com Sri Rahmayanti sri.rahmayanti@umri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan <em>transfer </em>BRImo terhadap kepuasan nasabah di BRI kanca Pekanbaru Tuanku Tambusai secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang nasabah Bank Rakyat Indonesia Kanca Pekanbaru Tuanku Tambusai, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada nasabah di BRI kanca Pekanbaru Tuanku Tambusai. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan alat bantu analisis yaitu SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa skala layanan inti berpengaruh terhadap kepuasan nasabah begitu juga dengan skala layanan pemulihannya turut berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil uji simultan, ditemukan bahwa skala layanan inti dan skala layanan pemulihan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah.</p> 2023-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/1003 Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja Pada PT. BPR Arsham Sejahtera 2023-09-22T21:57:16+07:00 Norra Isnasia Rahayu norraisnasiarahayu@umri.ac.id Faisal Hamdi norraisnasiarahayu@umri.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem pemberian kredit modal kerja pada PT. BPR Arsham Sejahtera. Penelitian ini dilakukan pada PT. BPR Arsham Sejahtera yang berkedudukan di Jl. Durian No. 99B, Sukajadi Pekanbaru Provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Sistem dan prosedur pemberian kredit modal kerja pada PT. BPR Arsham Sejahtera telah dilakukan dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkannya. Adapun yang menjadi perbedaan PT. BPR Arsham Sejahtera dengan bank lain yaitu kredit konsumtif untuk PNS yang dominan. Kredit konsumtif untuk PNS merupakan pemberian fasilitas pinjaman kepada calon pegawai negeri sipil dan pegawai negeri sipil yang tujuan penggunaannya untuk memenuhi segala kebutuhan yang sifatnya memberi manfaat langsung, contohnya: biaya pendidikan biaya perawatan/pengobatan dan lain sebagainya. Kendala yang dihadapi PT. BPR Arsham Sejahtera dalam pemberian kredit modal kerja yaitu faktor pesaing yang ketat, ketidaklengkapan dokumen debitur ketika proses pemberian kredit, kurangnya pelatihan untuk sumber daya marketing.</p> 2023-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal