Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profatibilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perkebunan Yang Go Public di Indonesia dan Malaysia

Authors

  • Yefni Anggraini Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Kasus  pembakaran  lahan secara  besar -besaran untuk pembuatan lahan   menyoroti   perusahaan -perusahaan perkebunan    di    Indonesia. Pembukaan    lahan    baru  dengan    melakukan    pembakaran    hutan    berdampak  sangat  buruk,  bukan  hanya  di  Indonesia  tetapi  juga  ke  negara  tetangga  seperti Singapura  dan Malaysia. Kasus ini   tidak   sesuai   dengan   konsep  triple   bottom   lines karena tidak memperhatikan orang - orang yang hidup di  area    perusahaan    dan    masalah    lingkungan    yang  diakibatkan  oleh  aktivitas  perusahaan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), profatibilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang termasuk dalam kelompok perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia  tahun 2016-2020. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel adalah 16 perusahaan dengan masa observasi 5 tahun sehingga penelitian ini memiliki 80 data observasi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR mempengaruhi nilai perusahaan, profiabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Penelitian ini hanya menganalisis sesuai dengan hipotesis yang diajukan, sehingga tidak bisa menggambarkan tentang faktor-faktor lain di luar  penelitian

Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), profatibilitas ukuran perusahaan,  nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Anggraini, Y. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profatibilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perkebunan Yang Go Public di Indonesia dan Malaysia. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(3), 552–563. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/394