Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profatibilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perkebunan Yang Go Public di Indonesia dan Malaysia
Abstract
Kasus pembakaran lahan secara besar -besaran untuk pembuatan lahan menyoroti perusahaan -perusahaan perkebunan di Indonesia. Pembukaan lahan baru dengan melakukan pembakaran hutan berdampak sangat buruk, bukan hanya di Indonesia tetapi juga ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kasus ini tidak sesuai dengan konsep triple bottom lines karena tidak memperhatikan orang - orang yang hidup di area perusahaan dan masalah lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), profatibilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang termasuk dalam kelompok perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia dan Malaysia tahun 2016-2020. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel adalah 16 perusahaan dengan masa observasi 5 tahun sehingga penelitian ini memiliki 80 data observasi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR mempengaruhi nilai perusahaan, profiabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Penelitian ini hanya menganalisis sesuai dengan hipotesis yang diajukan, sehingga tidak bisa menggambarkan tentang faktor-faktor lain di luar penelitian
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), profatibilitas ukuran perusahaan, nilai perusahaan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.