Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Riau

Authors

  • Rahmat Hafizatul Fajri Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Indeks Pembangunan manusia (IPM) merupakan sesuatu yang penting bagi suatu daerah. Perbandingan pendapatan dan pembangunan diberbagai provinsi membuktikan adanya tingkat perbedaan yang relatif besar dalam mengukur taraf kemakmuran antar daerah di Provinsi Riau. Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat dibutuhkan untuk menunjang pembangunan yang sedang berlangsung pada saat sekarang ini. Pengembangan sumber daya manusia saat ini diarahkan untuk merubah sumber daya manusia yang potensial menjadi tenaga kerja yang produktif.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia di Provinsi Riau. Indeks pembangunan Manusia (IPM) juga merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup di provinsi riau. Indeks Pembangunan Manusia dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kesehatan, pendidikan, PDRB dan garis kemiskinan. Melalui beberapa faktor tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas hidup manusia di Provinsi Riau.

Penelitian ini menggunakan metode  regeresi data panel dengan Random Effect Model (REM). Variabel dependen pada penelitian ini adalah Indeks Pemabangunan Manusia dan variabel independen adalah PDRB, Angka Harapan Hidup, Rata Lama Sekolah dan Jumlah Penduduk Miskin. Kurun waktu dalam penelitian ini adalah 5 tahun yakni dari tahun 2016-2020. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa di Provinsi Riau dari hasil regresi data panel, PDRB dan Jumlah Pendduduk Miskin berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sedangkan Angka Harapan Hidup berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Indeks pembangunan Manusia di Provinsi Riau, sedangkan Rata Lama ]Sekolah Berpengaruh Positif dan signifikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Fajri, R. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Riau. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 1(1), 212–222. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/257