Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Desa (Studi Empiris Pada Desa Se-Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar)

Authors

  • Ananda Dewi Permata Sari Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh akuntabilitas, transparansi, pengawasan, dan motivasi kerja terhadap kinerja Aparatur Pemerintah Desa Se-Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Populasi dari penelitian adalah 12 desa di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dan dengan menggunakan teknik purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini berjumlah  96 orang responden.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Sebelum melakukan uji hipotesis, peneliti melakukan beberapa pengujian, antara lain uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji realibiltas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas, transparansi, pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah desa. Sedangkan motivasi kerja berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah desa.

Keywords : Accountability, transparency, supervision, work motivation, performance.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Permata Sari, A. D. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Desa (Studi Empiris Pada Desa Se-Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar). ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 86–96. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/218