Analisis Pengaruh Resesi Ekonomi di Provinsi Riau Tahun 2006-2020

Authors

  • Alfina Safira Zahra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Neng Murialti Universitas Muhammadiyah Riau
  • M. Fikri Hadi Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Menurut National Bureaus Of Economic Research (NBER) Amerika Serikat, resesi adalah penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar diseluruh ekonomi yang terbesar lebih dari beberapa bulan, biasanya terlihat dalam PDB Rill, pendapatan Rill, Lapangan Kerja, Produksi Industri, dan Penjualan Grosir-Eceran. Adapun penyebab terjadinya resesi ekonomi yaitu adanya guncangan ekonomi secara tiba-tiba, adanya utang yang berlebihan, adanya gelembung aset investasi berlebihan di pasar saham atau real estate, terlalu banyak inflasi, terlalu banyak deflasi, dan adanya perubahan teknologi penemuan baru guna meningkatkan produktivitas dan membantu perekonomian dalam jangka panjang. Resesi dapat mengakibatkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.

Masalah pengangguran tidak hanya terjadi dalam lingkup nasional, akan tetapi juga terjadi pada lingkup regional seperti pada Provinsi Riau yang dimana tingkat pengangguran terbuka tiap tahun cenderung menurun. Hal ini menandakan bahwa tingkat pengangguran terbuka yang rendah dapat memperlancar perekonomian. Disamping itu, salah satu indikator penyebab resesi ekonomi pada suatu Provinsi yaitu terjadinya inflasi. Inflasi merupakan suatu fenomena ekonomi yang sangat menarik untuk diikuti karena dapat mempengaruhi makro ekonomi. Inflasi juga merupakan masalah yang dihadapi setiap perekonomian di berbagai negara dan berbagai provinsi di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Zahra, A. S., Murialti, N., & Hadi, M. F. (2022). Analisis Pengaruh Resesi Ekonomi di Provinsi Riau Tahun 2006-2020. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 141–150. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/204