Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Perilaku Penggunaan E-Filling Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tampan Pekanbaru)

Authors

  • Nadya Zahti Marinca Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas perilaku dalam penggunaan e-filing  wajib pajak orang pribadi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini Kesiapan Teknologi Informasi, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, Pengalaman, Pengetahuan Perpajakan, dan Kepuasan Wajib Pajak sebagai variabel independen dan Intesitas Perilaku Dalam Penggunaan E-Filling Wajib Pajak Orang Pribadi sebagai variabel dependen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Tampan Pekanbaru dengan total sebanyak 311 responden. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan angket kuesioner yang disebar di KPP Pratama Tampan Pekanbaru. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kesiapan Teknologi Informasi, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan tidak berpengaruh terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi, sedangkan variabel Pengalaman, Pengetahuan Perpajakan, dan Kepuasan Wajib Pajak berpengaruh terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi. Sedangkan pengujian secara bersama- sama (simultan) berpengaruh terhadap intensitas perilaku penggunaan e-filling. Temuan ini dapat menambah kontribusi kepada DJP sebagai metode alternatif untuk meningkatkan intensitas perilaku penggunaan e-filling. Peneliti hanya menggunakan variabel kesiapan  teknologi, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, pengalaman, pengetahuan perpajakan, serta kepuasan wajib pajak sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi intensitas perilaku dalam penggunaan e-filling.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Marinca, N. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Perilaku Penggunaan E-Filling Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tampan Pekanbaru). ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(3), 499–509. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/120